«

»

Feb 05

Rapat Koordinasi dengan Tim KOTAKU Tentang Ekspose Masterplan Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan

Pada hari Senin tanggal 4 Februari 2019, Dinas Perumahan dan Permukiman mengadakan acara rapat koordinasi tentang Ekspose masterplan kawasan permukiman kumuh perkotaan yang diadakan di ruang aula Dinas Perumahan dan Permukiman Kab. Banjar.

Acara ini dipimpin oleh Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Bapak Achmad Baihaqi, ST, MT dan dihadiri oleh Kepala Bidang Penyediaan Perumahan, Fasilitator Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Pusat Studi Pusperkimkot, Ass Urban Planner, Dinas PUPR, dan Staf Bidang Penyediaan Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya masterplan kota Martapura yang dibuat oleh bidang cipta karya pada tahun 2017 yang membuat perencanaan dan deliniase berupa etalase kota Martapura, pembangunan gerbang perbatasan antara kota Martapura dengan Banjarbaru, pengembangan CBS dengan adanya DED air mancur yang berada di taman kota Martapura, dan konsep kota santri yang berada di desa Murung Kenanga. Konsep kota santri inilah yang akan jadi perhatian karena konsep yang ada belum matang dikarenakan tidak adanya legalitas lahan yang akan dikembangkan untuk keperluan pengembangan kota santri di desa tersebut.

Adanya langkah-langkah yang harus dipersiapkan oleh pemerintah daerah kab. Banjar khususnya Dinas Perumahan dan Permukiman antara lain menyiapkan dokumen untuk wilayah B dan C, dokumen legalitas lahan harus diolah kembali agar kegiatan fisik bisa berjalan baik, menginventarisir lahan mana yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan dana, menyiapkan tema kawasan dan pembuatan masterplan, analisis kesesuaian infrastruktur, pembuatan siteplan, adakan kolaborasi data antara dinas perhubungan, DLH, serta dinas-dinas terkait dan persiapan lelang.