«

»

Feb 01

Rapat Persiapan Ekspose Skala Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan

Pada tahun 2019, kegiatan awal dari Bidang Kawasan Permukiman yaitu melakukan ekspose skala kawasan permukiman kumuh perkotaan. Kegiatan rapat persiapan ini dihadiri oleh Kabid Penyediaan Perumahan, Dinas PUPR, mahasiswa ULM, Fasilitator Kotaku, Pusat Studi Pusperkimkot, Ass Urban Planner dan seluruh staf.

Dalam acara rapat ini, akan dibahas terkait rencana pembangunan KPKP 1 Martapura. Jika dilihat dari tujuh indikator kumuh yang ada, sebaran kumuh khususnya di kecamatan Martapura tergolong kumuh sedang dengan kawasan dataran rendah, jalan lingkungan yang di bawah standar minimal, sempit, dan kualitas jalan yang kurang baik, drainase yang banyak tergenang, masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya, banyak rumah yang tidak memiliki WC dan septi tank yang tidak memenuhi standar, kurangnya akses air bersih, dan masih sering dilanda banjir dibeberapa wilayah di kec. Martapura.

Pada kesempatan ini, disampaikan juga terkait konsep dan rancangan kampung air santri di kelurahan murung kenanga, komplek bangunan rumah susun, pelestarian rumah adat, pembangunan plaza dan asrama santri.

Adapun kendala yang terjadi saat ini antara lain belum tersediaanya gambaran umum sehingga DED belum ada, harus dilakukan pengkategorian kumuh baik itu kumuh ringan,sedang, atau berat yang sampai sekarang masih mengacu pada SK kumuh 2013.